top of page

3 Perbedaan OEM dan Original Sampai KW Super Pada Produk Otomotif

Diperbarui: 4 Sep 2023


3 Perbedaan OEM dan Original Sampai KW Super Pada Produk Otomotif
Gambar 1. 3 Perbedaan OEM dan Original Sampai KW Super Pada Produk Otomotif

Apa saja perbedaan OEM Original dan KW Super?


Tahukah Anda bahwa kualitas produk sangat ditentukan dari jenis produksinya. Mungkin Anda yang sedang membaca ini bisa cek apakah produk Anda termasuk produk yang Original? OEM? atau ternyata KW Super? Untuk mengetahui perbedaan tersebut yuk cari tahu bersama Imajin disini aja!


1. Kualitas dan Spesifikasi

Original


Produk ORI merupakan produk dengan standar resmi yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan atau brand ternama. Dengan standar tinggi yang berkualitas, produk orisinal dibandrol dengan harga mahal demi memuaskan para pelanggan. Tak heran kalau produk orisinal lebih diminati, jika dibandingkan dengan produk OEM atau KW.


Jika Anda ingin membeli produk ORI, sebaiknya langsung membeli di gerai atau website resmi perusahaan tersebut secara online. Salah satu contohnya yakni ketika ingin membeli produk otomotif Anda bisa Honda, Yamaha, Astra dsb.



OEM (Original Equipment Manufacturer)


OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer atau sebuah produk yang dibuat oleh sebuah perusahaan asli, namun dijual oleh retailer atau perusahaan lain dengan brand sendiri.


Tentu antara perusahaan yang membeli dan memproduksi telah terjalin kontrak kesepakatan. Barang yang dihasilkan tetap memiliki kualitas yang baik sesuai dengan produk orisinal keluaran perusahaan tersebut.


Meskipun telah terjalin kerja sama yang baik, banyak calon pembeli yang mengidentifikasi produk OEM sebagai barang palsu. Ada risiko yang mungkin terjadi, tetapi bila perusahaan yang membeli, mengolah dan menjual kembali memiliki kredibilitas tinggi, kenapa tidak membeli produk OEM?


KW Super 1,2,3


Di pasaran, Anda juga bisa mengetahui produk yang sama bentuk dan kegunaan sesuai produk orisinal dari perusahaan tertentu. Inilah yang dinamakan dengan produk KW atau tiruan menyerupai produk asli.


Jangan heran kalau Anda bisa membeli produk apa saja dengan kualitas KW 1,2,3, dan seterusnya. Ada pula jenis barang tiruan yang disebut dengan KW super atau memiliki kualitas yang hampir sama dengan produk asli, harga juga lebih murah.


Produk KW super atau premium lebih banyak diincar sebab memiliki kualitas yang lebih rendah dari produk orisinal, tapi tetap memiliki ketahanan yang bagus.


Produk KW super bisa ditemui pada semua produk baik elektronik, suku cadang otomotif hingga pakaian atau tas branded. Perlu ketelitian tinggi untuk memilih produk orisinal dan KW super agar Anda tidak tertipu produk abal-abal di pasaran, ya!


2. Harga
3 Perbedaan OEM dan Original Sampai KW Super Pada Produk Otomotif
Gambar 2. 3 Perbedaan OEM dan Original Sampai KW Super Pada Produk Otomotif

Produk Original, seperti yang sudah kita perkirakan, harganya pasti mahal. Namun tentunya ada harga ada kualitas. Jadi dengan harga yang mahal sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.


Produk OEM adalah produk yang sama yang diproduksi oleh pabrikan aslinya. Meskipun ada versi yang lebih murah, harga produk OEM mencerminkan kualitasnya.

Produk KW, misalnya velg ban mobil orisinal yang lebih tebal dan kuat dibandrol harga puluhan juta, maka velg ban mobil KW yang menggunakan kualitas lebih rendahi dijual lebih murah seperti belasan juta saja. Ada pula model lokal yang menyerupai produk asli dengan bahan lebih rendah, harga jelas lebih murah sesuai tingkat kualitas barang tersebut.


3. Legalitas
3 Perbedaan OEM dan Original Sampai KW Super Pada Produk Otomotif
Gambar 3. 3 Perbedaan OEM dan Original Sampai KW Super Pada Produk Otomotif

Produk Original tentunya sudah sesuai standart legalitas yang berlaku di pasaran. Lalu bagaimana dengan OEM? Ternyata kita nggak perlu kuatir, karena produk OEM itu legal. Produk OEM yang bagus biasanya masih disertai dengan petunjuk pemakaian. Kalau produk OEM hanya merupakan bagian dari produk baru, kita masih bisa mengajukan servis ke perusahaan manufaktur. Misalnya seperti mobil dan motor yang bisa diservis ke bengkel resmi. Atau PC dan laptop yang juga bisa diservis ke layanan merek resminya.


Namun untuk berbagai produk OEM yang hanya diganti mereknya saja, tidak bisa dipungkiri memang memiliki standarisasi yang beda dengan produk original. Misalnya saja tidak disediakan buku panduan maupun kartu garansi. Kalaupun ada kartu garansi, bisa saja sulit untuk mengklaimnya. Ini bisa dijadikan pertimbangan juga sebelum membeli produk OEM.


Pada dasarnya, produk OEM legal dan aman digunakan. Dari segi ini cukup bikin kita tenang. Berbeda dengan produk tiruan atau KW yang jelas kualitasnya jauh berbeda, hanya dibuat mirip dengan produk asli saja. Keamanan tidak terjamin dan ilegal juga pastinya.


Itulah tiga perbedaan hasil produksi Original, OEM dan KW yang berada luas di pasaran. Gimana, sudah tahu jenis produk Anda masuk dalam kategori yang mana?


Cari tahu berbagai informasi lebih jauh lagi bersama Imajin!



Kunjungi website kami:




425 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page