top of page

3 Tips Simple Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Diperbarui: 4 Sep 2023


3 Tips Simple Mengelola Keuangan Bisnis Anda
Gambar 1. 3 Tips Simple Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Dalam suatu usaha/bisnis seringkali mengelola keuangan menjadi hal yang dikesampinkan atau dikarenakan kesulitan dalam mengelola keuangan tersebut. Padahal semestinya pengelolaan keuangan juga merupakan hal yang terpenting dan perlu diperhatikan untuk tumbuh perkembangan suatu usaha/bisnis yang sedang Anda kelola.


3 tips simple mengelola keuangan bisnis


Bisnis yang sehat memerlukan pengelolaan keuangan yang baik. Dan bagaimana sih cara mengelola keuangan dengan baik tersebut? Tidak sulit untuk melakukannya jika Anda mau mengusahakannya. Ini dia 3 tips simple mengelola keuangan bisnis mu. Simak baik-baik yaa.


1. Buat Pembukuan Keuangan Dengan Rapi


Strategi mengatur keuangan bisnis ini sudah tidak asing lagi bagi perusahaan berskala besar. Mengapa demikian, karena keuangan perusahaan yang besar sudah tentu diolah oleh orang profesional di bidangnya. Sangat jarang ada bisnis berskala kecil menggunakan strategi ini. Padahal membuat pembukuan rapi tidak kalah penting dari strategi mengatur keuangan bisnis lainnya. Dengan adanya pembukuan, Anda bisa mencatat semua transaksi berupa pemasukan dan pengeluaran.


Hal itu dilakukan agar Anda lebih mudah memantau bagaimana situasi keuangan bisnis Anda. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan, Anda bisa menggunakan bantuan teknologi pencatatan laporan keuangan di komputer seperti microsoft excel agar laporan keuangan bisa rapi, detail, dan mudah dibuat.


2. Tentukan Porsi Keuangan


Porsi keuangan yang dimakusd seperti pembagian total pemasukan ke beberapa pos misalnya pembayaran gaji, pembayaran hutang, biaya operasional dan lain sebagainya. Jadi hal pertama yang harus Anda lakukan dalam menentukan porsi keuangan adalah menentukan berapa porsi yang Anda pakai dalam berbagai kebutuhan perusahaan Anda. Penentuan porsi keuangan ini harus disepakati di awal, agar nantinya dapat berjalan secara terstruktur.


Anda bisa mengambil contoh ini, misalnya Anda menerapkan pola porsi keuangan dengan angka 30:30:30. Maksud dari angka tersebut adalah 30% Anda gunakan dalam biaya operasional untuk bulan depan seperti listrik, sewa gedung dan lain sebagainya. 30% Anda gunakan untuk menggaji karyawan, dan 30% sisanya bisa Anda gunakan untuk pembangunan perusahaan. Dengan menentukan porsi keuangan, Anda bisa mengatur keuangan perusahaan dengan rapi.



3. Mengembangkan Usaha dengan Laba


Cara mengelola keuangan dalam bisnis selanjutnya yaitu mengembangkan usaha dengan laba. Apabila bisnis Anda mendapatkan banyak keuntungan, jangan langsung puas. Gunakan keuntungan tersebut untuk mengembangkan usaha supaya lebih berkembang lagi. Misalnya, menambah produk yang dijual atau menambah armada untuk operasional. Dengan begitu, laba perusahaan bisa efektif digunakan untuk pengembangan usaha.


Itulah 3 tips simple dalam mengelola keuangan untuk bisnis mu. Jika anda merasa pengelolaan keungan anda sudah baik. Namun bisnis anda masih terhambat berkembangan dikarenakan modal yang kurang? Anda bisa menghubungi Imajin untuk mencari solusinya.


Terkhusus untuk bisnis di industri manufaktur, Imajin dapat membantu pendanaan keuangan anda melalui Project Financing. Info lebih lanjut di www.imajin.id




Kunjungi website kami:




69 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page