top of page

5 Tips Potensial Kembangkan Bisnis Manufaktur

Diperbarui: 5 Sep 2023


5 Tips Potensial Kembangkan Bisnis Manufaktur
Gambar 1. 5 Tips Potensial Kembangkan Bisnis Manufaktur

Apakah Anda pemilik bisnis manufaktur? atau sedang berencana untuk melakukannya?

Apapun yang sedang Anda lakukan sekarang tentunya Anda perlu mengetahui tips-tips yang potensial untuk dapat mengembangkan bisnis manufaktur Anda. Sebelum itu memangnya apa sih bisnis manufaktur?


Secara umum proses manufaktur adalah proses produksi barang dari bahan baku dengan menggunakan tangan, mesin atau teknologi rekayasa sehingga menjadi produk baru. Bisnis manufaktur dapat berarti bisnis dimana perusahaan mengubah bahan mentah menjadi barang jadi dalam skala besar.


Bisnis manufaktur juga berupa produksi barang-barang dasar kepada produsen untuk menciptakan barang yang lebih kompleks. Misalnya produk dari bisnis manufaktur dapat berupa komponen yang dijual kepada produsen mobil, elektronik, pesawat, atau peralatan rumah tangga.


Apa saja langkah untuk kembangkan bisnis manufaktur?


Simak pembahasannya berikut ini!


1. Utamakan Kebutuhan Konsumen

Memperhatikan Kebutuhan Konsumen Itu Penting untuk Kesuksesan Bisnis, Kenapa? Kesuksesan suatu bisnis tergantung pada jumlah konsumen. Dengan konsumen yang banyak, maka angka penjualan akan terdongkrak secara otomatis, keuntungan menjadi maksimal, dan bisnis dapat melakukan ekspansi.

Caranya kamu dapat mulai melakukan riset yang lebih mendalam untuk mendapatkan sudut pandang dari konsumen. Kurangi asumsi pribadi dan mulailah dengan menggunakan data yang berasal dari konsumen Anda. Carilah umpan balik dari pelanggan untuk mengetahui apa yang tidak mereka sukai, dan apa yang ingin mereka butuhkan.

Tidak kalah penting, kamu perlu juga menganalisis pesaing. Adapun hal ini terkait dengan penawaran yang mereka lakukan. Misalnya saja, ketika kompetitor menawarkan sesuatu yang baru berupa fitur ataupun layanan spesial, maka tidak menutup kemungkinan bahwa konsumenmu juga mengharapkan hal yang sama.

2. Inovasi Produk

Menurut Marquis, (2003) bahwa inovasi produk adalah kemampuan perusahaan memberi nilai lebih pada produk yang sudah ada dengan tujuan menghasilkan produk yang sesuai dengan harapan pasar. Inovasi adalah bagaimana sebuah perusahaan atau seseorang menghasilkan keuntungan dari kreativitas.


Sehingga Inovasi produk dapat menciptakan produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga muncul minat beli terhadap produk tersebut, yang diharapkan dapat direalisasikan melalui keputusan pembelian.

5 Tips Potensial Kembangkan Bisnis Manufaktur
Gambar 2. 5 Tips Potensial Kembangkan Bisnis Manufaktur

3. Kelola Keuangan Dengan Benar

Menurut Purba et al pengelolaan keuangan atau manajemen keuangan adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian kegiatan keuangan seperti pengadaan dan pemanfaatan dana usaha.


Dengan memiliki manajemen keuangan, perusahaan bisa mengatur aset yang dimiliki untuk memberikan nilai keuntungan. Dengan begitu, kelangsungan perusahaan bisa lebih terjaga baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.
4. Kontrol Kualitas Pada Industri

Quality control atau yang sering disebut juga dengan kendali mutu merupakan sebuah proses penelitian produk yang dilakukan perusahaan selama proses produksi yang berlangsung guna menjaga serta memperoleh kualitas produk yang telah ditentukan kriteria serta standarnya.


Terdapat tiga aspek yang ditekankan pada pendekatan ini, yaitu:

  1. Unsur-unsur seperti kontrol, manajemen pekerjaan, proses-proses yang terdefinisi dan telah terkelola dengan baik, kriteria integritas dan kinerja, dan identifikasi catatan.

  2. Kompetensi, seperti pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan kualifikasi.

  3. Elemen lunak, seperti kepegawaian, integritas, kepercayaan, budaya organisasi, motivasi, semangat tim, dan hubungan yang berkualitas.

5. Gunakan Platform Online

Industri pengolahan bahan mentah sangat bisa memanfaatkan platform online untuk promosi hingga jualan produk. Bahkan, sudah jadi kewajiban bagi sebuah industri untuk menggunakan platform online agar tidak ketinggalan zaman. Platform online yang dimaksud amat variatif, bisa itu media sosial untuk promosi, dan website untuk jual beli.


Sudahkah kamu menggunakan platform online?

5 Tips Potensial Kembangkan Bisnis Manufaktur
Gambar 3. 5 Tips Potensial Kembangkan Bisnis Manufaktur

Imajin penyedia platform yang mempertemukan pelanggan dengan para Industri Kecil Menengah di bidangnya secara digitalisasi. Menghadirkan solusi untuk semua lapisan yang ada di industri manufaktur dengan menyediakan Quality Assurance untuk pelanggan, SaaS (Software as a Service) untuk project management, serta menyediakan opsi pembayaran untuk raw material baik kepada customer maupun partner Manufaktur.


Jasa yang ditawarkan via platform Imajin antara lain pembuatan mold & dies, pembuatan part logam dan plastik, serta fabrikasi. Tidak hanya itu, Imajin juga bisa membantu anda mengembangkan produk baru dari prototipe hingga siap untuk diproduksi massal.


Imajin meningkatkan pembuatan produk lokal dengan membantu para Industri Kecil Menengah (IKM) agar dapat saling terkoneksi dan memiliki kualitas yang bersaing dengan standar internasional. Mari bergabung dan jadi bagian dari Imajin sekarang!



Kunjungi website kami:





25 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page