top of page

Cara Agar Dapat Efektif dan Efisien Dalam Bekerja

Diperbarui: 4 Sep 2023


Cara Agar Dapat Efektif dan Efisien Dalam Bekerja
Gambar 1. Cara Agar Dapat Efektif dan Efisien Dalam Bekerja

Efektif dan efisien merupakan sebagian dari beberapa poin penting dalam bekerja. Tidak hanya industri manufaktur namun juga dalam semua profesi pekerjaan. Dapat bekerja dengan efektif dan efisien memberikan banyak manfaat yang baik dalam sebuah lembaga perusahaan maupun perorangan.


Efektif dalam bekerja dapat diukur dari seberapa cepat kita menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan perencanaan/planning yang sudah dibuat sejak awal. Selain itu tidak efektivitas tidak harus selalu dilihat dari kuantitas namun juga kualitas dari pekerjaan tersebut.


Bekerja secara efisien mengutamakan hal-hal seperti kecepatan, ketepatan dan cost atau biaya yang digunakan. Metode bekerja yang sering diterapkan untuk mencapai target atau menyelesaikan proyek, di mana hal yang lakukan adalah mencari cara bagaimana pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan tidak memakan biaya yang terlalu besar.


Apa yang dapat dilakukan agar dapat efektif dan efisien dalam bekerja?


Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan agar dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien:


Katakan Tidak Pada "Multitasking"

Mungkin banyak dari kita yang ingin mengerjakan pekerjaan kita secepat mungkin. Tapi terkadang menyelesaikan pekerjaan yang berbeda di waktu yang bersamaan, dapat membuat kita menjadi semakin lama untuk menyelesaikannya. Menurut Profesor ahli saraf Earl K. Miller "multitasking tidak dapat dilakukan secara manusiawi". Untuk itu, cobalah fokus pada satu tugas hingga benar selesai, lalu melanjutkan tugas berikutnya.

 
Sempatkan Waktu Untuk Istirahat

Banyak dari kita yang berpikir bekerja lebih lama dari biasanya, atau lembur hingga larut dapat membuat kita lebih produktif. Namun, saat kita kelelahan karna bekerja kita akan mengalami "burnout". Burnout adalah kondisi di mana kita mengalami stres berat yang dipicu karna pekerjaan. Sempatkan waktu untuk beristirahat dengan berjalan-jalan selama 5-10 menit di area kantor, atau habiskan 15 menit untuk beristirahat ditemani kopi sore.

 
Buat Goals Kecil Yang Mudah Diselesaikan Terlebih Dahulu

Melihat target pekerja yang banyak akan sangat melelehkan dan membuat kita kewalahan. Cobalah untuk memecah tugas-tugas ke dalam list pekerjaan dan centang list pekerjaan yang sudah dikerjakan. Kerjakan pekerjaan-pekerjaan yang kecil terlebih dahulu. Dengan begitu kita dapat belajar untuk menggunakan waktu bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

 
Selesaikan Tugas Utama/Besar Di Waktu Yang Tepat

Kita semua terkadang mengesampingkan tujuan besar karena kita tidak yakin kita akan mencapainya, yang berakhir dengan pekerjaan menumpuk. Dan saat kita ingin menyelesaikannya, kita terlalu lelah untuk memberikan perhatian yang dibutuhkan. Hal tersebut yang menyebabkan kita tidak produktif dalam bekerja. Memahami bagaimana kita dapat menyelesaikan tugas-tugas besar dari list pekerjaan yang ada adalah hal yang harus kita sendiri yang memahami. Setiap orang memiliki preferensi waktu bekerja yang berbeda-beda, tetapi cobalah untuk bekerja sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.


Tidak setiap hari kita dapat bekerja efektif dan efisien secara sempurna. Tapi itu bukan hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Cobalah untuk tetap konsisten dengan waktu bekerja, mencatat semua pekerjaan yang ada, dan menyelesaikannya satu persatu. Dengan begitu kita akan bekerja lebih produktif dan mencapai target yang harus dicapai secara efektif dan efisien.



Kunjungi website kami:




68 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page