top of page

Imajin Hadiri Indonesia-Japan The 2nd Auto Parts Business Forum di Nagoya, Jepang


Indonesia-Japan The 2nd Autoparts Business Forum
Indonesia-Japan The 2nd Autoparts Business Forum

Imajin Manufacturing Hub yang merupakan marketplace manufaktur di Indonesia berpartisipasi acara Indonesia-Japan The 2nd Autoparts Business Forum yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Nagoya, Jepang pada tanggal 27 Oktober 2023.


Aktivitas ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan hubungan diplomasi antara Indonesia-Jepang yang sudah mencapai usia 65 tahun dan didukung oleh Konsul Kehormatan Republik Indonesia di Nagoya, Jepang yang bertujuan untuk menjembatani perusahaan komponen otomotif skala kecil dan menengah di Indonesia dengan perusahaan produksi besar di Jepang. Perusahaan rantai pasok di Indonesia diharapkan dapat menjadi bagian penting dalam rantai pasok industri otomotif global.


Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang (Dubes RI) Heri Akhmadi
Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang (Dubes RI) Heri Akhmadi

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang (Dubes RI) Heri Akhmadi menjelaskan forum ini ditujukan untuk mendorong realisasi kerja sama konkret kedua negara dan peningkatan investasi Jepang di sektor suku cadang otomotif.

"Kedua negara memiliki potensi kerja sama suku cadang otomotif yang perlu terus didorong dengan Jepang. Nilai industri otomotif Indonesia diprediksi akan mencapai lebih dari 25 milyar USD di tahun 2025,"

ujar Dubes Heri yang didampingi oleh Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Tokyo Sunan J. Rustam dan Atase Perindustrian Sofyari Rahman.


CMO Imajin Manufacturing Hub, Stefanus Hodir
CMO Imajin Manufacturing Hub, Stefanus Hodir

Tidak kurang dari 150 orang menghadiri acara bisnis forum yang dilakukan secara hybrid ini. Salah satunya ialah Imajin sebagai perusahaan platform industri manufaktur Indonesia yang menyediakan berbagai layanan seperti proyek 3D services, mold & dies, part fabrikasi serta penyewaan mesin CNC. Imajin melakukan transformasi ekosistem manufaktur di Indonesia dengan memfasilitasi platform online, memungkinkan pelaku industri manufaktur melakukan project match-making dan memonitor progres proyek secara real-time.


Saat ini, sudah lebih dari 600 mitra manufaktur di berbagai tier otomotif yang telah tergabung di Imajin. Hal ini membukakan jalan dan peluang bagi mitra Imajin untuk dapat bekerjasama antara Indonesia dan Jepang dalam mendapatkan proyek yang potensial untuk kedua belah pihak. Dimana Jumlah perusahaan industri manufaktur skala menengah dan besar pada tahun 2023 di Indonesia adalah sebanyak 32.193 usaha atau perusahaan (Badan Pusat Statistik 2023).


"Kami sangat senang dapat berpartisipasi dalam Indonesia - Japan The 2nd Autoparts Business Forum," kata Stefanus Hodir, CMO Imajin Manufacturing Hub. "Acara ini memberikan kesempatan bagi kami untuk memperkenalkan solusi manufaktur digital kami kepada perusahaan otomotif Jepang. Kami yakin bahwa solusi kami dapat membantu meningkatkan daya saing IKM komponen otomotif Indonesia, dan menjadi bagian dari supply chain autoparts otomotif Jepang.”


Indonesia-Japan The 2nd Autoparts Business Forum
Indonesia-Japan The 2nd Autoparts Business Forum

Para peserta Indonesia lainnya terdiri dari perwakilan Toyota Indonesia Supply Chain Club dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia serta dari Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Otomotif (PIKKO), Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).


Turut hadir dalam kegiatan ini, Managing Executive Officer MUFG Masashi Onodera, Konsul Kehormatan RI untuk Nagoya Hideo Sugimoto, Wakil Gubernur Prefektur Aichi Shinichiro Furumoto, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, Direktur Jenderal Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Taufik Bawazier.


Saat ini terdapat lebih dari 1.500 perusahaan industri suku cadang otomotif dalam negeri Indonesia yang memperkerjakan lebih dari 1,5 juta orang di sepanjang rantai nilai industri otomotif.


“Dengan dukungan yang terus diberikan oleh Kementrian Perindustrian, Imajin sebagai Manufacturing Hub Indonesia optimis bahwa IKM otomotif di Indonesia dapat “naik-kelas” dalam global supply chain,” ujar Stefanus.





Narahubung

Melisa Aprilia

Imajin Manufacturing Hub



Sekilas Tentang Imajin

Imajin adalah platform manufaktur pertama di Indonesia yang menghadirkan Integrasi teknologi digital dengan proses jasa manufaktur, khususnya dalam bidang mold & dies, plastic blow & injection, dan fabrikasi. Berfokus pada jasa manufaktur dengan bahan baku plastik dan logam, Imajin mempunyai misi untuk memaksimalkan produksi manufaktur dalam negeri. Sejauh ini, Imajin telah melayani berbagai sektor industri dengan produk-produk berkualitas tinggi. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.imajin.id.

25 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Σχόλια


bottom of page