top of page

Material Plat untuk Pembuatan Produk Stamping Manufaktur

Diperbarui: 20 Des 2023


Material Plat untuk Pembuatan Produk Stamping Manufaktur - Imajin
Material Plat untuk Pembuatan Produk Stamping Manufaktur - Imajin

Proses stamping adalah salah satu proses manufaktur yang paling umum digunakan untuk menghasilkan produk dari lembaran logam. Proses ini melibatkan penggunaan mesin press untuk memproses lembaran logam menjadi bentuk yang diinginkan.


Pemilihan material plat yang tepat sangat penting untuk keberhasilan proses stamping. Material plat harus memiliki kekuatan dan keuletan yang cukup untuk menahan tekanan mesin press, serta memiliki kemampuan untuk dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan.


Pembuatan produk melalui proses stamping manufaktur memerlukan material plat yang sesuai untuk menghasilkan produk dengan kualitas terbaik. Pemilihan material plat sangat penting karena akan mempengaruhi karakteristik akhir dari produk yang dihasilkan. Berdasarkan ketebalannya, perbedaan material plat untuk stamping manufaktur dapat dilihat dari komposisi materialnya yang sesuai dengan fungsi produk yang diinginkan. Di antara jenis-jenis material yang umum digunakan adalah SPCC-SD, SPHC-PO, SGCC, dan SAPH.



Jenis Material Plat


1. SPCC-SD/SB (Steel Plate Cold Rolled Coiled - Standard Temper Grade Dull finish/Bright Finish )


SPCC – SD
SPCC-SD/SB (Steel Plate Cold Rolled Coiled - Standard Temper Grade Dull finish/Bright Finish )

SPCC-SD/SB adalah material plat baja karbon yang dilapisi dengan kromium-nikel. Material ini memiliki kekuatan dan keuletan yang baik, serta memiliki permukaan yang halus dan rata. Umumnya digunakan untuk produk yang membutuhkan ketahanan terhadap korosi dan memiliki ketebalan yang cukup presisi. Biasanya digunakan dalam pembuatan komponen elektronik, peralatan rumah tangga, dan produk-produk yang memerlukan akurasi dimensi yang tinggi.


2. SPHC-PO (Steel Plate Hot Rolled Coiled - Pickled and Oiled)


Besi Plat Abu-abu (SPHC-PO)
Besi Plat Abu-abu (SPHC-PO)

SPHC-PO adalah singkatan dari Steel Plate Hot Rolled Coiled adalah pelat baja yang dihasilkan lewat proses canai panas dengan kualitaskomersial. Plat SPHC sering juga disebut plat hitam karena plat iniberwarana kehitam-hitaman. Plat SPHC berwarna abu-abu biasanyapelat diberi lapisan Oli sehingga disebut plat SPHC-PO. PO adalahsingkatan dari Pickel OilaSPHC dalam Standar Industri Jepang (JIS) dikodekan dengan:JIS G3131: 2005 - Hot rolled mild steel plates, sheets and strips.Plat SPHC sering digunakan dalam industri alat rumah tangga,dekorasi logam, bahan pembuatan sasis mobil, knalpot dan rangkakendaraan bermotor,dli.


3. SGCC (Steel Plate Galvanized Common - Cold Rolled)


SGCC - Baja Lapis Seng/Plat Galvanis
SGCC - Baja Lapis Seng/Plat Galvanis

SGCC adalah material plat baja yang dilapisi dengan seng/zinc. Material ini dilapisi dengan lapisan zinc untuk mencegah korosi. Digunakan dalam komponen otomotif, pembuatan atap, panel dinding, atau produk konstruksi lainnya yang memerlukan perlindungan terhadap cuaca dan lingkungan eksternal.


4. SAPH (Steel Plate Alloyed Press Hardening


SAPH440 Z275 Galvanized Steel Coil and Sheet SAPH 440 Material Properties Automotive Structural Steel
SAPH440 Z275 Galvanized Steel Coil and Sheet SAPH 440 Material Properties Automotive Structural Steel

SAPH adalah material plat baja paduan yang memiliki kekuatan dan keuletan yang tinggi. Biasanya digunakan dalam pembuatan komponen mobil yang memerlukan kekuatan tinggi dan ketahanan terhadap benturan. Material ini sangat cocok untuk bagian-bagian struktural mobil, seperti pilar, bodi, atau frame.


Plat baja SAPH didefinisikan sebagai baja lembaran canai panasuntuk aplikasi struktural automotive. Jenis baja ini luar biasa dalamkekuatan, drawability dan mampu las yang digunakan untuk framemobil, roda dan bagian-bagian lain.SAPH dalam Standar Industri Jepang (JIS) dikodekan dengan:JIS G 3113:2006 - Hot rolled steel plate, sheet and strip forautomobile structural uses.



Dalam industri manufaktur, pemilihan material plat untuk proses stamping memegang peran krusial dalam menentukan kualitas, kekuatan, dan fungsi akhir dari produk yang dihasilkan. Mempelajari karakteristik serta kecocokan setiap jenis material plat dengan aplikasi produk menjadi kunci dalam mencapai hasil yang diinginkan dalam proses manufaktur.


Dengan Imajin, Anda dapat menemukan berbagai jenis material plat seperti SPCC-SD, SPHC-PO, SGCC, dan SAPH sesuai kebutuhan Anda. Kunjungi Imajin sekarang juga untuk melakukan pemesanan dan memulai perjalanan produksi yang berkualitas!


Material - imajin.id
Material - imajin.id

Kunjungi website kami:





57 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page