top of page

Menentukan Jenis Plastik untuk Optimalkan Produksi!


Jenis Plastik
Menentukan Jenis Plastik untuk Optimalkan Produksi!


Plastik Murni, Recycle, dan Campuran: Tentukan Jenis Plastik untuk Kebutuhan Produksi


Penggunaan plastik dalam proses manufaktur telah menjadi titik sentral dalam perkembangan teknologi industri. Seiring dengan perubahan kebutuhan pasar dan tekanan untuk membuat efisiensi produksi, produsen terus mencari solusi yang memadukan keandalan plastik dengan keberlanjutan. Melalui pemahaman mendalam tentang pemanfaatan plastik ini, kita dapat memahami bagaimana industri manufaktur terus mengeksplorasi teknologi demi mencapai keseimbangan optimal antara performa dan ramah lingkungan.


Walaupun plastik murni atau campuran mempunyai dampak negatif yang lebih sedikit terhadap lingkungan, banyak produsen yang masih khawatir dengan kualitas produksi yang dihasilkan sehingga masih memilih untuk menggunakan plastik murni. Namun, apa yang membuat kualitas produksi setiap tipe plastik berbeda?


Simak 3 Tipe Plastik yang Dapat Digunakan untuk Proses Produksi!


1. Plastik Murni

Plastik murni atau virgin adalah resin plastik yang diproduksi oleh sumber daya alam yang belum melalui proses apapun. Plastik bukan merupakan zat tunggal. Plastik adalah zat campuran yang terdiri dari berbagai macam bahan. Plastik murni yang bisa disebut plastik baru diproduksi menggunakan gas alam, minyak bumi, dan minyak mentah.


Jenis plastik ini dapat bertahan di suhu ekstrem karena tidak ada perubah struktur molekul saat dipanaskan. Plastik murni juga memiliki kekuatan dan ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan plastik daur ulang.


Beberapa contoh plastik murni yang sering digunakan dalam proses produksi adalah polietilena (PE) dan polipropilena (PP). Jenis plastik PP biasa digunakan untuk kebutuhan produksi otomotif karena mudah untuk dibentuk. Contoh pengaplikasian plastik PP adalah pada komponen interior atau eksterior mobil meliputi panel-panel mobil, bemper mobil, serta fender mobil.


Car Bumper / Bemper Mobil
Sumber: Freepik


2. Plastik Daur Ulang

Plastik daur ulang merupakan plastik bekas pakai yang diproses kembali untuk proses produksi. Plastik daur ulang didapatkan pasca pemakaian rumah tangga ataupun pabrik. Biasanya, plastik daur ulang dari bekas pemakaian rumah tangga diolah kembali di fasilitas daur ulang. Sedangkan plastik daur ulang pasca-industri biasa digunakan oleh pabrik dengan cara mengolah sisa-sisa bahan plastik atau produk gagal hasil produksi.


Tentunya, plastik daur ulang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan plastik murni karena penggunaan bahan plastik yang sudah ada. Hal ini juga menjadi salah satu cara agar biaya produksi menjadi lebih murah. Walaupun menggunakan bahan plastik yang sudah pernah digunakan sebelumnya, kualitas yang dihasilkan hampir sama dengan plastik murni.


Contoh plastik yang dapat didaur ulang adalah polyetilen therephtalate (PET) yang biasa digunakan untuk menghasilkan botol minuman baru. Selain plastik PET, semua jenis plastik juga dapat didaur ulang. Namun, jenis plastik selain PET biasa didaur ulang tidak untuk menghasilkan produk baru, melainkan menjadi raw material baru.


Recycled Plastics
Sumber: Freepik

3. Plastik Campuran

Plastik campuran merupakan campuran plastik murni dan plastik daur ulang. Untuk menghasilkan plastik yang bersifat mirip dengan bahan murni, menambahkan 30% resin murni ke dalam campuran plastik daur ulang dapat meningkatkan kualitasnya. Semua jenis plastik dapat dicampur dengan plastik daur ulang. Menggunakan plastik campuran dapat meminimalisir biaya, serta dampak terhadap lingkungan.


Plastik Campuran
Sumber: Freepik

Proses Pengolahan Plastik

Sebelum mengolah biji plastik menjadi suatu produk, harus melewati serangkaian tahap dalam proses pembuatannya. Diawali dengan ekstraksi bahan mentah, yang sebagian besar berasal dari minyak mentah dan gas alam. Selanjutnya, melalui proses pemurnian, minyak mentah diubah menjadi produk petroleum untuk menghasilkan monomer, bahan dasar polimer.


Tahap polimerisasi mengubah minyak gas seperti ethylene dan propylene menjadi polimer dengan berat molekul tinggi. Selanjutnya, dalam tahap compounding, berbagai bahan dicampur dan dipanaskan untuk membentuk plastik, yang kemudian diubah menjadi berbagai bentuk produk melalui salah satu metode pencetakan dibawah ini!


1. Injection Molding

Dalam proses injection molding, hasil lelehan plastik melalui proses pencetakan produk dengan cara memasukkan material cair ke dalam cetakan dan mengeraskannya menjadi bentuk yang diinginkan. Proses ini melibatkan injeksi bahan cair ke dalam cetakan, pendinginan dan pemadatan, serta pembebasan produk jadi dari cetakan.


Injection Molding
Sumber: 3D Systems


2. Ekstrusi

Extrusion molding adalah metode pembuatan produk plastik melalui cetakan berbentuk panjang seperti pipa. Plastik dipanaskan hingga menjadi leleh, kemudian didorong melalui cetakan untuk membentuk produk dengan bentuk yang diinginkan. Hasilnya bisa berupa pipa, tabung, atau bentuk kontinu lainnya. Extrusion molding banyak digunakan untuk pembuatan bahan bangunan, pipa, dan berbagai produk plastik panjang dengan bentuk seragam.


3. Thermoforming

Thermoforming adalah metode yang melibatkan pemanasan lembaran termoplastik hingga mencapai titik lunak. Setelah termoplastik menjadi fleksibel akibat pemanasan, lembaran tersebut ditarik melintasi cetakan untuk membentuk produk. Proses selanjutnya melibatkan pendinginan plastik yang telah dicetak sehingga membeku dalam bentuk yang diinginkan.


Thermoforming
Sumber: Productive Plastics

4. Blow Molding

Blow molding melibatkan pemanasan tabung plastik hingga mencapai titik lelehnya. Setelah itu, tabung plastik dimasukkan ke dalam rongga cetakan. Proses selanjutnya melibatkan penggunaan udara bertekanan untuk membentuk plastik yang lunak sehingga mengikuti bentuk rongga dalam cetakan. Ketebalan produk akhir ditentukan oleh jumlah plastik yang digunakan dan tekanan udara yang diterapkan.




Berdasarkan jenis dan proses pengelolaan plastik diatas, Anda bisa tentukan jenis dan proses yang cocok untuk menghasilkan produk impian Anda. Imajin menyediakan layanan produksi plastik seperti pembuatan botol minum, komponen mobil, dan packaging plastik melalui proses injection & blow mass production. Selain itu, Imajin juga dapat memberikan supply material plastik PP, PET, HDPE, LDPE, PS, dan ABS untuk kebutuhan produksi Anda. Kunjungi website Imajin untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami!


Solusi Manufaktur

Kunjungi website kami:










Referensi:
45 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page