top of page

PMI Manufaktur RI Terkuat Delapan Bulan Terakhir, Industri Otomotif Ikut Pulih

Diperbarui: 5 Sep 2023


PMI Manufaktur RI Terkuat Delapan Bulan Terakhir, Industri Otomotif Ikut Pulih
Gambar 1. PMI Manufaktur RI Terkuat Delapan Bulan Terakhir, Industri Otomotif Ikut Pulih

Sumber: dokumen Kemenperin


Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada September 2022 sebesar 53,7 menjadi yang terkuat dalam delapan bulan terakhir.


“PMI Manufaktur Indonesia yang kembali meningkat di bulan September menunjukkan kinerja sektor industri yang semakin membaik dan menunjukkan perkembangan yang stabil. Dalam hal ini, aktivitas produksi berperan penting terhadap naiknya indeks, yang didukung oleh peningkatan permintaan, terutama dari dalam negeri,”

Sumber: Agus Gumiwang Kartasasmita (Menteri Perindustrian)


PMI Manufaktur Pada Industri Otomotif di Indonesia

PMI Manufaktur RI Terkuat Delapan Bulan Terakhir, Industri Otomotif Ikut Pulih
Gambar 2. PMI Manufaktur RI Terkuat Delapan Bulan Terakhir, Industri Otomotif Ikut Pulih

Sumber: databooks katadata


Peningkatan produksi dan ekspansi permintaan domestik baru mendorong naiknya PMI Manufaktur Indonesia pada September 2022. PMI Manufaktur pada bulan tersebut sebesar 53,7, atau naik dari 51,7 pada Agustus 2022. Hasil survei S&P Global menunjukkan tingkat ekspansi sektor manufaktur Indonesia pada periode ini merupakan yang tercepat dalam delapan bulan dan solid secara keseluruhan. Di tingkat ASEAN, Indonesia juga menunjukkan perbaikan yang paling kuat pada kesehatan sektor manufaktur, seiring dengan kondisi manufaktur yang membaik di seluruh wilayah regional tersebut.


PMI Manufaktur Indonesia pada September 2022 melampaui angka PMI Manufaktur Dunia (50,3), ASEAN (53,5), Malaysia (49,1), Vietnam (52,5), dan Filipina (52,9), juga lebih tinggi dari China (48,1), Jepang (50,8), dan Korea Selatan (47,6). Menperin menyebutkan peningkatan produksi dapat dilihat pada industri elektronika, industri bahan galian non-logam, serta industri mesin dan perlengkapan.

PMI Manufaktur RI Terkuat Delapan Bulan Terakhir, Industri Otomotif Ikut Pulih
Gambar 3. PMI Manufaktur RI Terkuat Delapan Bulan Terakhir, Industri Otomotif Ikut Pulih

Di Industri otomotif Indonesia terus menunjukkan pergerakan positif. Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bobby Gafur Umar. Menurutnya, Kadin telah mengupayakan sejumlah strategi agar sektor tersebut mampu memanfaatkan potensi pasar domestik. Sejauh ini, Kadin berupaya agar manufaktur otomotif dalam negeri bisa menyerap lebih banyak pasokan komponen dalam negeri, terutama yang digarap sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM). Dengan porsi pasokan komponen lokal lebih besar, maka manufaktur bisa menekan ongkos produksi terutama untuk komponen impor yang sebagian besar didatangkan dari China.

Kunjungi website kami:




29 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page