top of page

Produksi Massal di Bidang Otomotif: Sejarah dan Perkembangan

Diperbarui: 4 Sep 2023


Produksi Massal di Bidang Otomotif: Sejarah dan Perkembangan
Gambar 1. Produksi Massal di Bidang Otomotif: Sejarah dan Perkembangan

Keterangan Foto: Benz Vello Automobile - 1894 (Berlin Sports Media)


Perkembangan Produksi Massal di Bidang Otomotif


Siapakah orang dan perusahaan pertama kali yang memproduksi mobil secara massal di dunia ini?


Apakah dari pabrikan asal Jerman, Mercedes-Benz oleh Karl Benz? atau dilakukan oleh pabrikan Amerika Serikat yakni Ford oleh Henry Ford? Tentunya kedua tokoh tersebut tak lepas dari munculnya industri otomotif saat ini. Banyak orang menganggap produksi massal di bidang otomotif pertama dilakukan pada 1908 oleh pabrikan asal Amerika Serikat (AS) Ford dengan Model T. Tapi, sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Beberapa tahun sebelum itu, tepatnya pada April 1894, pabrikan asal Jerman, Mercedes-Benz telah lebih dahulu melakukannya dengan menghadirkan mobil kecil pertama, Benz Motor Velocipede atau yang lebih dikenal Benz Velo. Dilansir dari Mercedes Blog, Kamis (21/4/2022), Benz Velo berhasil mencapai puncak ketenarannya baik di Jerman maupun Eropa pada 1902. Tercatat sekitar 1.200 unit Benz Velo terjual, menjadikannya sebagai mobil produksi massal pertama. Benz Velo sendiri hadir dengan membawa spesifikasi yang modern pada masanya. Nenek moyang mobil ini membawa mesin satu silinder yang menghasilkan 1,5 tenaga kuda dengan bobot hanya 280 kilogram.

Meski Mercedes Benz memiliki akar sejarah dari pembuatan mobil pertama di dunia oleh pemiliknya yakni keluarga Benz, Ford menjadi salah satu perusahaan yang berhasil membuat mobil secara massal dengan lini produksi perakitan yang efisien. Mobil yang pertama kali dilakukan produksi secara massal adalah Ford Model T.


Dilansir dari laman resmi Ford, Model T merupakan mobil yang pertama kali dikenalkan oleh Ford pada tahun 1908. Henry Ford pada saat itu menginginkan Model T sebagai mobil yang memiliki harga terjangkau, pengoperasiannya mudah dan memiliki ketahanan yang tinggi. Ford Model T merupakan salah satu kendaraan yang diproduksi secara massal pertama di dunia.


Pada awal 1920-an, lebih dari setengah dari mobil yang terdaftar di dunia adalah Ford. Mobil Ford Model T dibangun dan dijual lebih dari 15.000.000 unit. Pada bulan Mei 1927, sebuah upacara diadakan untuk menghormati akhir produksi dari Ford Model T. Itu adalah sebuah akhir dari era pelopor mobil yang diproduksi secara massal.

Produksi Massal di Bidang Otomotif: Sejarah dan Perkembangan
Gambar 2. Produksi Massal di Bidang Otomotif: Sejarah dan Perkembangan

Sumber: daifuku


Kini, hampir seluruh pabrikan mobil di dunia membuat produksi mobilnya secara massal. Hal ini sangat penting untuk memotong ongkos produksi dan waktu pembuatan mobil. Kemudahan dalam produksi massal saat ini didukung oleh mudahnya mencari jasa dan layanan produksi manufaktur.


Anda dapat cek website Kami untuk mendapatkan kemudahan informasi layanan dan jasa manufaktur untuk produksi massal produk Anda di www.imajin.id



Kunjungi website kami:





47 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page