top of page

Revolusi Manufaktur: Transformasi Industri Bersama Imajin


Revolusi Manufaktur
Revolusi Manufaktur: Transformasi Industri Bersama Imajin

Imajin, sebagai start-up manufaktur yang ditunjuk sebagai Hub Manufaktur oleh Kementerian Perindustrian, ingin membantu industri kecil menengah (IKM) menjalankan produksi, dengan mengembangkan inovasi dalam mewujudkan desain produk yang dapat diproduksi di dalam negeri. Di Indonesia, banyak ide kreatif yang terhenti pada tahap konseptual karena kurangnya peran yang membantu mewujudkan ide tersebut, khususnya dalam proses produksi. Disinilah Imajin berperan menjadi mitra IKM dalam mentransformasi ide inovatif menjadi produk yang siap dip asarkan.


Selain IKM, Imajin juga bertujuan untuk mendukung mahasiswa untuk menjadi pelopor kemajuan industri manufaktur. Mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk belajar dan berkolaborasi dengan Imajin dalam mengembangkan ide inovatif serta mengaktualisasikan dengan sumber daya manusia dan teknologi yang ada. Dengan demikian, Imajin berharap dapat menciptakan generasi muda yang siap membangun industri manufaktur kedepannya.




Keuntungan Imajin bagi IKM

Sistem online Imajin membantu para penggunanya melalui fitur-fitur dimana pelaku industri dapat meningkatkan efisiensi produksi dan memonitor proyek dengan mudah. Semua dokumentasi konvensional difasilitasi dengan sistem yang terintegrasi. Proses penawaran proyek, quotation, hingga progress tracking untuk proyek yang sedang berjalan.

Dashboard Imajin
Dashboard Imajin

Sistem Imajin menyediakan notifikasi real-time agar mitra dan pelanggan kami mendapatkan pembaruan instan terkait proyek. Komunikasi terkait perkembangan proyek yang sebelumnya dilakukan multi-channel, dapat diakses lewat satu pintu sehingga semua pihak yang terlibat akan memiliki akses tersebut.


Selain itu, Imajin menyediakan fitur bursa proyek yang memudahkan partner untuk melihat proyek terbaru Imajin yang sesuai dengan kapabilitas produksi yang disediakan mitra (mold making, die making, mass production, dan lainnya). Dengan adanya bursa proyek yang terupdate setiap harinya, mitra kami dapat dengan mudah menemukan proyek yang sesuai dengan keahlian mereka dan meningkatkan peluang mendapatkan proyek baru.


Bursa Proyek Imajin
Bursa Proyek Imajin

Salah satu mitra Imajin dibidang dies maker, menyatakan bahwa Imajin telah mempermudah dan mempercepat proses manufaktur mereka. Dengan fasilitas permesinan lengkap, dukungan teknis yang handal, dan pengecekan menyeluruh dari tahap desain hingga uji coba. Efisiensi waktu yang diperoleh dari sistem Imajin mempercepat proses perencanaan dan analisis awal, memberikan keuntungan yang signifikan.


Testimoni partner

“Efisiensi yang kami rasakan bahkan meningkat menjadi 90% setelah bermitra dengan Imajin,” ungkap Pak Yanus.

Peningkatan efisiensi produksi penting bagi IKM karena mereka seringkali memiliki keterbatasan sumber daya dan waktu yang terbatas. Dengan bermitra dengan Imajin, IKM dapat fokus pada pengembangan serta proses manufaktur produk, sementara Imajin membantu mempermudah dan meningkatkan efisiensi proses manufaktur mereka melalui sistem integrasi online. Dalam era Industri 4.0 ini, kemampuan untuk bersaing di pasar manufaktur sangat penting bagi IKM untuk bertahan dan tumbuh.


Revolusi Imajin di Era Industri 4.0

Industri 4.0 merujuk pada revolusi industri yang didorong oleh integrasi teknologi digital yang mendalam ke dalam proses produksi. Di sektor manufaktur, konsep ini menggambarkan transformasi dari sistem konvensional menjadi ekosistem terintegrasi yang adaptif dan berbasis data. Berkembangkannya teknologi di Industri 4.0 telah meningkatkan otomasi proses di sektor manufaktur.


Dengan mengalihkan proses manufaktur konvensional menjadi terintegrasi secara online, Imajin mengoptimalkan efisiensi dan akurasi, melalui online data storing. Bukan hanya untuk meningkatkan kapabilitas produksi massal, tetapi juga mendorong transformasi kesuluruhan ekosistem manufaktur. Dengan adanya sistem terintegrasi, Imajin dapat memantau dan menganalisis setiap tahap produksi secara real-time, sehingga dapat memastikan kualitas produk yang dihasilkan sesuai standar.



Kunjungi website kami:










Referensi:
21 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page