top of page

SNI Belum di Akui Dunia?

Diperbarui: 6 Sep 2023


SNI Belum di Akui Dunia?
Gambar 1. SNI Belum di Akui Dunia?

Standar Nasional Indonesia (SNI)


SNI atau Standar Nasional Indonesia adalah serangkaian aturan teknis dan prosedur yang diterapkan di Indonesia untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang dihasilkan di negara ini memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.


Dokumen standar teknis ini yang disusun oleh perwakilan produsen, konsumen, regulator, akademisi, praktisi, asosiasi dan pemangku kepentingan lainnya yang diwadahi dalam suatu Komite Teknis yang dibentuk dan ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN), sehingga dapat digunakan untuk menilai dan menguji suatu produk yang dimiliki oleh produsen atau pemilik merek dagang.


Saat ini tercatat lebih dari 6000 SNI yang sudah ditetapkan, dari mulai standar untuk produk, standar pengujian, standar kompetensi, termasuk standar sistem manajemen yang mengadopsi penuh dari ISO seperti SNI ISO 9001 : 2015. Meskipun SNI Indonesia telah menjadi standar resmi di Indonesia, pengakuan internasional atas standar ini masih terbatas.


SNI Belum di Akui Dunia?
Gambar 2. SNI Belum di Akui Dunia?

SNI di Mata Internasional


Salah satu alasan mengapa SNI Indonesia belum diakui secara internasional adalah karena kurangnya upaya untuk mempromosikan standar tersebut kepada komunitas internasional. Selain itu, ada juga masalah dengan implementasi SNI Indonesia di Indonesia itu sendiri. Beberapa produsen mungkin tidak menerapkan standar ini dengan benar, sehingga menyebabkan keraguan di kalangan pengguna terhadap efektivitas SNI Indonesia.


Selain itu, masalah dengan perbedaan standar antara negara-negara juga merupakan faktor yang mempengaruhi pengakuan internasional atas SNI Indonesia. Negara-negara lain mungkin memiliki standar yang berbeda dalam mengukur kualitas produk dan layanan, yang dapat membuat sulit untuk menyesuaikan SNI Indonesia dengan standar internasional.


Namun, pemerintah Indonesia telah berusaha untuk memperbaiki masalah ini dan meningkatkan pengakuan internasional atas SNI Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengadakan pertemuan dengan perwakilan dari negara-negara lain untuk membahas standar tersebut. Pemerintah juga telah bekerja sama dengan organisasi internasional seperti ISO (International Organization for Standardization) untuk memperkenalkan SNI Indonesia ke komunitas internasional.


Dalam kesimpulannya, pengakuan internasional atas SNI Indonesia masih terbatas karena kurangnya upaya untuk mempromosikan standar tersebut dan masalah dengan implementasi standar ini di Indonesia itu sendiri. Namun, pemerintah Indonesia telah berusaha untuk meningkatkan pengakuan internasional atas SNI Indonesia dan berharap bahwa SNI Indonesia akan diterima secara lebih luas oleh komunitas internasional di masa depan.



Kunjungi website kami:






13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page