top of page

Strategi Digital: Meningkatkan Promosi Produk IKM Indonesia Melalui Imajin

Diperbarui: 10 Jan


Strategi Digital: Meningkatkan Promosi Produk IKM Indonesia Melalui Imajin
Gambar 1. Strategi Digital: Meningkatkan Promosi Produk IKM Indonesia Melalui Imajin

Industri Kecil Menengah (IKM) termasuk ke dalam rumpun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). IKM merupakan salah satu fondasi yang memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia. IKM menyerap tenaga kerja, meningkatkan daya saing produk lokal, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.


Fun Fact

UMKM penggerak pertumbuhan perekonomian Indonesia mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha dan berkontribusi terhadap PDB hingga 60,5%.

Dari penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa IKM merupakan salah satu tulang punggu perekonomian Indonesia.Selain itu, IKM juga meningkatkan daya saing produk lokal untuk meningkatkan reputasi produk Indonesia pada pasar global. Hal ini terbukti dengan banyaknya dukungan yang diberikan pemerintah untuk perkembangan IKM.


IKM Kesulitan Promosi Produk


IKM di Indonesia berkembang pesat, namun masih menghadapi beberapa tantangan, salah satunya adalah promosi produk. Ida Ayu Made Wahyu, Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Setda Kota Malang, mengatakan bahwa pelaku usaha IKM kesulitan mempromosikan produk mereka. Beliau juga mengingatkan bahwa IKM harus terus didukung, karena jika tidak, mereka akan kesulitan berkembang. Hal ini terbukti dengan banyaknya IKM pengerajin keramik di Malang yang gulung tikar.


Industri Kecil Menengah (IKM) Indonesia: Tantangan Promosi dan Solusi
Gambar 2. Industri Kecil Menengah (IKM) Indonesia: Tantangan Promosi dan Solusi

Fun Fact

7 dari 10 UMKM di Indonesia mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya.

Sumber: MSME Empowerment Report (2022)


Bersumber dari MSME Empowerment Report 2022, ditemukan hanya sekitar 20% dari IKM yang mengalokasikan lebih dari 25% dari total penjualan mereka sebagai anggaran untuk kegiatan promosi. Jadi, anggaran promosi yang minim menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan IKM kesulitan dalam memasarkan produk, sehingga tidak sesuai dengan target pasar. Terlebih karena banyak IKM yang belum memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mempromosikan produknya dengan efektif dan efisien. Hal ini dapat menghambat penjualan dan pertumbuhan usaha IKM.


Imajin Bantu IKM Promosi Produk

Industri Kecil Menengah (IKM) Indonesia: Tantangan Promosi dan Solusi
Gambar 3. Industri Kecil Menengah (IKM) Indonesia: Tantangan Promosi dan Solusi

Imajin sebagai Manufacturing HUB dapat membantu IKM untuk menyelesaikan permasalahan promosi produk. Imajin dapat membantu IKM di bidang manufaktur untuk bisa mendapatkan proyek yang sesuai dengan kemampuannya melalui bursa pada laman bursa proyek di platform Imajin. Ini menjadi bukti bahwa Imajin dapat memasarkan produk IKM tidak hanya secara offline, tapi juga online. IKM juga dapat mencari proyek dan melakukan penawaran atau bid terhadap proyek yang tersedia di Imajin. IKM juga memiliki potensial untuk merambah ke pasar yang lebih luas. Dengan histori projek dan kualitas produk yang sesuai, IKM akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan proyek dari Imajin. Jadi, IKM dapat mempromosikan kinerja dan produk yang sudah dibuat dengan baik melalui platform Imajin tanpa biaya tambahan.


Industri Kecil Menengah (IKM) Indonesia: Tantangan Promosi dan Solusi
Gambar 4. Industri Kecil Menengah (IKM) Indonesia: Tantangan Promosi dan Solusi


Digitalisasi merupakan salah satu strategi penting yang dapat dilakukan oleh UMKM untuk meningkatkan produktivitas usaha.

99,1% pelaku UMKM berhasil meningkatkan produktivitas usahanya setelah menggunakan layanan digital.

Sumber: MSME Empowerment Report 2022


Jadi, dengan bantuan promosi yang dilakukan oleh Imajin dapat memudahkan IKM untuk bisa mempromosikan produk. Caranya, IKM hanya perlu mendaftarkan diri ke platform Imajin. Setelah itu, IKM dapat melihat eksistensi proyek yang ada di platform tersebut. IKM dapat dengan mudah mencari dan mendapatkan proyek yang sesuai dengan kemampuan mereka. Dengan ini, IKM dapat menjangkau target pasar yang tepat dengan mudah dan dapat memaksimalkan penjualan sehingga promosi produk bisa efektif.


IKM manufaktur, mari bergabung bersama Imajin agar bisa mengembangkan produktivitas bisnis Anda! Dengan tergabung ke dalam platform Imajin, IKM dapat memilik projek sesuai dengan kemampuan dan target market dengan lebih efektif.



Kunjungi website kami:




53 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page