top of page

Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Diperbarui: 5 Sep 2023


Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 1. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Sumber: banganee.blogspot.com


Pengertian logam adalah sebuah unsur kimia yang memiliki sifat yang kuat, liat, keras dan mampu menghantarkan listrik atau energi panas. Logam juga memiliki titik cair yang tinggi.


Penggunaannya dalam pembuatan berbagai jenis produk seperti alat elektronik, kendaraan, peralatan rumah tangga, dan bangunan. Karena sifatnya yang kuat dan keras, logam juga digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan peralatan yang memerlukan kekuatan dan ketahanan seperti paku, kawat, dan alat-alat konstruksi.


Selain itu, kemampuan logam dalam menghantarkan listrik dan energi panas membuatnya menjadi bahan yang penting dalam produksi energi listrik dan pembangkitan panas. Proses penambangan logam juga menjadi industri yang penting dalam perekonomian banyak negara di dunia.


Intip hal menarik lainnya dari logam di artikel ini ya!


Unsur-unsur logam


Ada beberapa unsur-unsur logam yang dapat kamu ketahui, sebagai berikut ini:


1. Unsur Logam
Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 2. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Pada unsur ini, material bahan bersifat sangat mengkilap dan mampu menjadi penghantar listrik dan panas yang baik. Untuk logam umumnya akan berbentuk padat pada tekanan dan suhu yang normal kecuali menggunakan air raksa. Pada dasarnya, logam sangat mudah untuk ditempa hal ini yang memudahkan untuk dijadikan berbagai benda. Jenis-jenis unsur logam seperti aluminium (Al), besi (Fe), Emas (Au), Barium (Ba), Kalsium (Ca), Kalium (K), Kromium (Cr), Nikel (N), Natrium (Na), Mangan (Mn) dan Magnesium (Mg).


2. Unsur Non-Logam
Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 3. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Pada unsur ini, logam tidak memiliki sedikitpun sifat logam. Kebanyakan unsur non logam ini memiliki ciri fisik dan bentuk yang berbeda satu sama lainnya. Umumnya unsur non logam berbentuk gas seperti layaknya oksigen. Ada yang berwujud cair seperti bromin. Selain itu, ketika unsur non logam berwujud padat maka teksturnya getas dan keras. Jenis-jenis unsur non logam seperti Oksigen (O), Iodin (I), Silikon (Si), Neon (Ne), Nitrogen (N), Karbon (c), Klorin (Ci), Helium (He), Hidrogen (H), Fosforus (P), Fluorin (F), belerang (S) dan Bromin (Br).


3. Unsur semi logam
Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 4. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Sumber: researchgate


Tak hanya ada unsur logam dan non logam, satu unsur lainnya yaitu semi logam. Unsur ini pada umumnya masih memiliki sedikit sifat logam yang dikenal dengan metaloid. Pada unsur ini, biasanya memiliki sifat semi konduktor yang mana tidak dapat menghantarkan listrik pada suhu yang rendah. Namun, akan menjadi sangat baik apabila berada pada suhu yang lebih tinggi. Untuk jenis unsur semi logam sendiri terdiri dari telurium (Te), Polonium (Po), Antimon (Sb), Germanium (Ge), Arsen (As), Silikon (Si) dan Boron (B).


Sifat-sifat logam


Berikut adalah sifat-sifat yang mendasar pada berbagai jenis logam seperti:


1. Memiliki tingkat kekuatan dan kekerasan berbeda
Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 5. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Tiap jenis logam umumnya memiliki tingkat kekerasan yang berbeda. Umumnya, kekerasannya dapat ditingkatkan dengan mencampur logam lainnya. Logam dikenal sangat kuat. Hanya saja tidak dengan air raksa.

2. Dapat dengan mudah untuk ditempa
Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 6. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Logam memiliki sifat mudah untuk dibentuk dengan cara ditempa dan direnggangkan. Adanya sebuah elektron valensi membuat logam menjadi mudah bergerak dalam kristal. Sesuai dengan sifatnya, logam mampu ditempa menjadi lempeng tipis dan bila ditarik dapat juga untuk dibengkokkan.

3. Menjadi sebuah konduktor listrik yang baik
Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 7. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Mampu menjadi penghantar daya listrik yang baik. Bila suatu logam dialirkan listrik akan elektronnya akan membawa suatu muatan valensi ke seluruh bagian logam. Sehingga mampu menimbulkan aliran listrik dalam logam.


4. Mampu menghantarkan panas
Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 8. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Elektron valensi yang bergerak bebas dapat menyebabkan logam menjadi penghantar panas yang baik. Apabila suatu jenis logam, satu sisinya dipanaskan, maka elektron yang ada akan menerima panas. Sehingga mampu menyebabkan logam menjadi penghantar listrik. Semakin energi kinetiknya bertambah dan bergerak dengan cepat maka akan semakin baik. Bersifat mengkilap, semua jenis logam tentunya akan mengkilap apabila terkena cahaya dalam permukaannya. Maka dari itu dalam masa ini maka sifat logam akan memancarkan kembali energi cahaya yang didapatnya dari gelombang tertentu.


Klasifikasi jenis logam

Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 9. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Klasifikasi jenis logam dapat dibedakan secara umum dan bahan dasarnya.

Berikut penjelasannya:


Pengelompokkan logam secara umum

Berdasarkan pengelompokan logam secara umum terbagi menjadi empat kelompok, yaitu:

logam berat dalam kelompok logam berat, secara umum berasal dari logam secara seluruhnya. Sebagai contohnya adalah logam berupa nikel, besi, krom, timah, tembaga, seng timah hitam dan juga putih serta masih ada banyak yang lainya.


1. Logam ringan
Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 10. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Sumber: wikipedia


Dalam kelompok logam ringan, tersusun dari logam juga hanya saja tidak tersusun sepenuhnya atau juga bisa dikatakan bahwa logam penyusunnya ringan. Contoh dari logam ringan ini seperti magnesium, aluminium, titanium, kalsium, natrium, barium dan kalium.


2. Logam tahan api
Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 11. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Sumber: wikipedia


Adapun yang dimaksud dengan logam tahan api adalah jenis logam ini mampu menahan atau mampu tahan terhadap api dengan kisaran suhu tertentu. Contohnya dari logam tahan api ini adalah titanium, zirkonium, wolfram, dan molibdenum.


3. Logam mulia
Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 12. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Jenis logam ini sering dipakai dan digunakan untuk perhiasan atau peralatan lainnya. tak hanya itu untuk jenis logam mulia ini biasanya berikan harga yang cukup mahal. Contoh dari logam mulia ini adalah emas, platina, dan perak.


Pengelompokkan logam berdasarkan bahan dasarnya

Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 13. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Sumber: Stella Marris College


Pengelompokkan logam dari bahan dasar penyusunnya terbagi menjadi dua kelompok, yakni:


Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 14. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Sumber: Pixabay


Jenis logam yang paduannya terdiri dari bahan penyusunnya berupa campuran unsur karbon dengan besi. Untuk jenis logamnya berupa besi tuang, besi tempa, baja karbon sedang dan tinggi, baja lunak dan baja karbon campuran.


Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya
Gambar 15. Pengertian Logam: Unsur, Sifat, dan Klasifikasinya

Jenis logam non besi ini memiliki paduan atau campuran yang mengandung Fe. Dalam logam ini antara lain alumunium, tembaga, timbel dan timah.


Logam adalah unsur kimia dengan sifat kuat, liat, keras, dan mampu menghantarkan listrik atau panas. Logam berasal dari bijih logam dan diperoleh melalui penambangan. Unsur logam dapat diklasifikasikan sebagai logam, non-logam, dan semi-logam. Sifat-sifat dasar logam termasuk kekuatan, kemampuan pembentukan, konduktivitas listrik dan panas, serta kemilau. Jenis logam dapat diklasifikasikan berdasarkan bahan dasar dan sifatnya.


Kunjungi website Imajin untuk medapatkan jasa dan layanan dan produk material berbahan dasar logam.



Kunjungi website kami:




115 tampilan2 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

2 commenti


adzkia FATHIRA
adzkia FATHIRA
22 mag 2023

Terima kasih ilmu nya

Mi piace
Melisa Aprilia
Melisa Aprilia
05 lug 2023
Risposta a

Sama-sama kak! Terima kasih sudah membaca. Ada informasi lainnya yang ingin kamu ketahui seputar manufaktur dan teknologi? Kami akan berusaha membantunya 😊

Mi piace
bottom of page