top of page

Sulit Manajemen Waktu Sendiri? Baca Ini!

Diperbarui: 4 Sep 2023


Sulit Manajemen Waktu Sendiri? Baca Ini!
Gambar 1. Sulit Manajemen Waktu Sendiri? Baca Ini!

Dalam mengatur waktu untuk diri sendiri terkadang rasanya sulit sekali, sampai rasanya tidak punya waktu lagi untuk melakukan sesuatu. Tapi yakin bahwa hal itu benar? Anda tidak punya waktu lagi untuk melakukan sesuatu? Karena bisa jadi itu bukan karena Anda tidak memiliki waktu tapi waktu Anda terlewat begitu saja tanpa disadari. Oleh karena itu pentingnya untuk mampu manajemen waktu sendiri. Dan bagaimana caranya? Simak tips mudah manajemen waktu agar lebih efektif berikut ini!


Penyebab sulit menerapkan manajemen waktu yang baik


Pertama, cari tahu dulu penyebab apa sih yang membuat kita merasa waktu ini berlewat begitu saja? Terlalu banyak overthingking kah? terlalu banyak menghabiskan waktu scrolling sosial media kah? atau memang tidak punya waktu lagi saking tenggelammnya dalam kesibukan? Menurut buku “Make Time” ada 2 penyebab kesibukan kita di abad 21 ini, yaitu :

Sulit Manajemen Waktu Sendiri? Baca Ini!
Gambar 2. Sulit Manajemen Waktu Sendiri? Baca Ini!

Sumber: everlideen.com


Busy Bandwagon


Adalah sebuah mindset atau budaya yang menekankan bahwa jika ingin sukses diri kita harus selalu sibuk dan produktif setiap menitnya. Artinya ketika kita memiliki rasa malas sedikit saja maka kita akan tertinggal dari yang lain.

Dampaknya kita terus terdorong untuk selalu sibuk, meski sebenarnya tidak perlu sesibuk itu. Kita jadi selalu mencari-cari kegiatan, mengambil semua jadwal kerja dan memastikan kita tidak memiliki waktu kosong dalam sehari itu.


Infinity Pools


Adalah distraksi yang tak berkesudahan karena kesenangan instan yang tidak ada habisnya, seperti scrolling Instagram, Facebook, Youtube, dll. Biasanya kita mengalihkan otak kita dengan dalih untuk beristirahat dengan cara infinity pools ini.

Ketika kita bekerja dan mulai merasa lelah maka kita akan meraih gadget kita dan mulai mengistirahatkan otak dengan bermain sosmed. Tapi pada akhirnya kita mendapati bahwa diri kita hanya buang-buang waktu dan merasa bersalah karena tidak benar-benar istirahat. Pada dasarnya bermain sosmed juga menghabis energi kita lho.


Pernahkah Anda mengalami itu?

Otak kita terdistraksi dalam siklus yang semu, karena kita akan terus dibuat sibuk dengan kegiatan yang auto pilot tersebut. Kerja dan bermain sosmed.


Setelah Anda dapat menjawab penyebab dari keresahan yang Anda rasakan tersebut. Coba mulailah untuk menrefleksikannya terlebih dahulu. Dan beri waktu untuk anda dapat merancangnya terlebih dahulu.


Prinsip dasar manajemen waktu yang lebih efektif


Kedua, ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk mengatur waktu Anda yang lebih efektif!

Dalam buku “Make Time” tersebut disampaikan bahwa ada 4 prinsip dasar mengatur waktu yang mendasari 87 saran atau cara mengatur waktu. Sehingga diharapkan dengan mempelajarai 4 prinsip dasar dalam mengatur waktu kita bisa lebih berhasil saat mempraktekkan tips mengatur waktu.


Sulit Manajemen Waktu Sendiri? Baca Ini!
Gambar 3. Sulit Manajemen Waktu Sendiri? Baca Ini!

Sumber: blog make time


1. Highlight


Highlight adalah cara dengan menentukan hal apa yang menjadi prioritas kita di pagi hari. Dalam buku tersebut ada 3 hal yang bisa kita pilih atau fokuskan, yaitu apa yang penting, apa yang bermakna, dan apa yang buat diri kita senang.

Kita dapat mulai menentukan apa highlight kita dengan cara menuliskannya. Jika masih bingung, tuliskan semua hal yang terpikirkan dan mulailah menyusunnya berdasarkan skala prioritas yang disebutkan tadi.


2. Laser


Laser adalah tahap dimana kita menjadi benar-benar fokus di masa kini dan mengerjakan apa yang sudah ditentukan sebelumnya, sehingga kita tidak terdistraksi oleh hal-hal lain yang mengundang perhatian secara tidak sadar.

Seperti lampu laser yang hanya fokus menyorot satu target dan bukan target lainnya. Caranya bisa dengan menjauhkan gadget/hal-hal yang mendristraksi saat kita bekerja.


3. Energize


Energize adalah memberikan energi untuk tubuh supaya kita bisa lebih fokus dalam jangka waktu yang panjang. Caranya adalah dengan mengurus dan memenuhi kebutuhan tubuh kita. Hal ini bisa kita lakukan dengan aktif bergerak, berolahraga, tidur yang cukup dan berkualitas, makan makanan yang sehat.

Tanpa memperhatikan energi yang masuk dalam tubuh maka sebenarnya kita tidak bisa fokus mengerjakan apa yang perlu kita kerjakan.


4. Reflect


Merefleksikan berbagai cara menajemen waktu yang sudah kita coba agar bisa kita pilih mana yang bisa dipertahankan menjadi kebiasaan dan mana yang tidak, atau bisa juga kita memodifikasi sesuai hasil yang kita dapatkan.

Dengan cara refleksi ini kita bisa memilih tips mana dari segudang cara yang ditawarkan. Kita coba satu cara, mempraktekkan, refleksikan, dan mengevaluasinya. Tentunya yang sesuai dengan diri kita.


Sulit Manajemen Waktu Sendiri? Baca Ini!
Gambar 4. Sulit Manajemen Waktu Sendiri? Baca Ini!

Sumber: blog make time


Pada dasarnya buku “Make Time” tersebut mencoba membantu kita untuk memilih dan melakukan hal-hal yang memang penting untuk diri kita. Karena kebutuhan dan kepentingan setiap orang berbeda sehingga tidak ada cara yang standar untuk digunakan oleh semua orang.


Terakhir, cara mengatur waktu yang baik salah satunya adalah dengan menghubungkan tujuan dengan aktivitas yang kita kerjakan. Jangan sampai apa yang dikerjakan ternyata tidak mengarah pada tujuan kita.


Seringkali kita terlalu capek mengerjakan apa yang tidak sesuai dengan tujuan sehingga diujung hari kita merasa kekurangan waktu atau kehabisan waktu. Oleh karena itu, penting untung menyusun kegiatan berdasarkan skala prioritas.


“You may delay, but time will not.” — Benjamin Franklin


Kunjungi website kami:




54 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page