top of page

Tahun 2024, Akankah Jadi Puncak Revolusi Industri 4.0?


Tahun 2024, Akankah Jadi Puncak Revolusi Industri 4.0?
Tahun 2024, Akankah Jadi Puncak Revolusi Industri 4.0?

Prospek Sektor Manufaktur Indonesia di Tahun 2024



Mendekati tahun baru 2024, ada beberapa tren di sektor manufaktur yang diprediksi akan terealisasikan. Setelah melewati tahun 2023 dimana sektor manufaktur mengalami banyak perubahan positif serta memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, ekspektasi tahun baru akan semakin tinggi. Pemerintah berharap pertumbuhan sektor manufaktur dapat mencapai 7% jika ingin sektor manufaktur berada diatas 20% dari produk domestik bruto (PDB).


Berikut tren manufaktur Indonesia yang diperkirakan akan terjadi di tahun 2024!


Revolusi Industri 4.0


Salah satu faktor yang secara signifikan mendorong pertumbuhan industri manufaktur di masa depan adalah lanjutan penerapan konsep Industry 4.0. Pada tahun 2024, diproyeksikan bahwa Indonesia akan mencapai puncak revolusi industri 4.0 dan diperkirakan akan lebih banyak perusahaan akan melakukan investasi dalam bidang robotik dan otomasi smart factory guna mengelola pekerjaan berulang, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengurangi total biaya tenaga kerja. Kemajuan teknologi ini juga diharapkan dapat memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan fleksibilitas dan meningkatkan produksi dengan cepat.


Industri 4.0
Sumber: Freepik

Smart Factory


Smart factory adalah praktik manufaktur yang menggunakan teknologi canggih yang dapat meningkatkan tingkat produktivitas dan kualitas, serta mengurangi biaya produksi. Dengan implementasi smart factory, pelaku bisnis manufaktur dapat memonitor dan melakukan optimasi secara real-time dan virtual.


Hal ini dapat membantu mereka mengidentifikasi dan mengatasi masalah produksi dengan cepat, sehingga meningkatkan efisiensi operasional.


Selain itu, smart factory juga dapat memungkinkan integrasi yang lebih baik antara berbagai sistem produksi, seperti mesin, perangkat lunak, dan manusia, sehingga memungkinkan kolaborasi yang lebih efektif dalam proses produksi.


Seperti rencana Kementerian Perindustrian di tahun 2023 untuk meningkatkan pengadaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa, smart manufacturing dapat mengurangi ketergantunggan pabrik di Indonesia kepada pemasok dan produsen luar negeri karena kemampuannya untuk produksi sesuai permintaan dan persediaan.


Maka dari itu, untuk mewujudkan ambisi tersebut, sektor manufaktur Indonesia dapat meningkatkan implementasi smart factory di pabrik-pabrik.


Beberapa implementasi smart factory yang dapat mengalami peningkatan di tahun 2024 adalah sebagai berikut:


1. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sudah digunakan oleh beberapa sektor industri, paling banyak oleh industri jasa keuangan dan asuransi.


Kecerdasan buatan telah memudahkan para pelaku bisnis dengan kemampuan teknologi tersebut untuk meningkatkan kapasitas produksi, keandalan, serta mengurangi pengeluaran operasional dan pemeliharaan.


Kemampuan kecerdasan buatan untuk memprediksi dan memecahkan masalah secara proaktif, dan keunggulannya dalam meminimilasir human error telah menjadi topik perbincangan di kalangan pelaku bisnis.


Selain industri keuangan dan asuransi, menurut Indonesia Business Machines (IBM), penggunaan Generative AI pada sektor manufaktur telah terbukti pada banyak kasus telah meningkatan produksi.


Oleh sebab itu, ada peluang besar untuk kecerdasan buatan mengalami peningkatan dalam implementasi di tahun 2024 untuk mendorong pertumbuhan sektor manufaktur dan ekonomi Indonesia.


Artificial Intelligence
Sumber: Freepik

2. Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) memungkinkan perangkat elektronik untuk saling terhubung dan berkomunikasi hanya melalui internet. Teknologi IoT dapat memudahkan pelaku bisnis manufaktur untuk mengakses analisis data, serta memantau kualitas produk dan proses produksi secara real-time. Dengan adanya koneksi yang terus-menerus antara perangkat, bisnis manufaktur dapat mengoptimalkan efisiensi operasional dan meningkatkan produktivitas.


Ketua Umum dari Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI), Teguh Prasetya, memprediksi bahwa pasar IoT akan mencapai Rp 572,7 triliun. Angka prediksi yang tinggi juga seiring adanya minat dan kebutuhan dari masyarakat Indonesia.


Internet of Things
Sumber: Freepik

3. Robotika

Salah satu teknologi canggih yang dapat mempermudah dan mempercepat kinerja industri manufaktur adalah penggunaan robot. Pada acara Manufacturing Indonesia 2023, terlihat sejumlah robot yang dipamerkan oleh beberapa perusahaan.


Pengunaan robot untuk proses produksi dapat mengurangi ketergantungan pada tenaga kerja manusia, meningkatkan efisiensi produksi, dan mengurangi risiko kesalahan manusia.


Robot-robot ini dilengkapi dengan teknologi sensor yang canggih sehingga dapat bekerja dengan presisi tinggi dan menghadirkan hasil yang konsisten. Selain itu, penggunaan robot juga dapat meningkatkan keamanan kerja dengan mengurangi risiko.


Beberapa industri lainnya seperti otomotif, kimia, dan pertanian telah menggunakan robot dalam proses produksi mereka. Di tahun 2024, sektor manufaktur diperkirakan akan mengikuti industri lainnya untuk membantu perkembangan sektor.


Robot manufaktur
Sumber: Freepik

Setelah melihat proyeksi tren manufaktur Indonesia di tahun 2024, banyak hal yang bisa dipersiapkan oleh pelaku industri untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi manufaktur yang pesat.


Selain teknologi, negara juga harus dapat implementasi proses green & sustainable manufacturing, serta mempersiapkan SDM yang kompeten untuk mengikuti kemajuan teknologi agar industri manufaktur Indonesia dapat bersaing di pasar global dan menghasilkan produk, jasa, dan sumber daya manusia berkualitas.




Imajin Manufacturing HUB berkomitmen untuk berinovasi dalam pengembangan industri manufaktur agar dapat menawarkan teknologi terdepan untuk majamenen proyek dengan real-time monitoring melalui web-app online dashboard.


Di tahun baru 2024, Imajin bertujuan untuk menciptakan solusi untuk Industri Kecil Menengah (IKM) dan produsen manufaktur di Indonesia dengan menghadirkan tools dan sistem manufaktur inovatif berbasis cloud computing. Dengan kerjasama ekosistem manufaktur kolaboratif yang terbuka kepada digitalisasi, produk Imajin senantiasa berevolusi untuk memberikan fitur yang dapat terus mendukung pelaku industri manufaktur.


Tidak hanya itu, kami juga dapat membantu Anda secara teknis. Dengan menyiapkan dari proses simulasi, desain, sampai quality up akurasi part 100%. Pada setiap proses, tim engineering, project dan quality memantau dengan teliti untuk memastikan setiap prosesnya berjalan sesuai standar yang sudah ditentukan.


Imajin dapat membantu Anda mulai dari proses design, proses machining, proses trial dan pengecekan sampel produk.


Imajin: Solusi Manufaktur yang Terintegrasi dan Terpercaya

Kunjungi website kami:











Referensi:
193 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Комментарии


bottom of page