top of page

Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan

Diperbarui: 6 Sep 2023



Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan
Gambar 1. Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan

Pengenalan Mesin Bubut


Mesin Bubut adalah jenis alat mesin yang paling banyak digunakan dalam pembuatan mekanik. Mesin bubut menyumbang sekitar 20% - 35% dari total jumlah peralatan mesin. Ini terutama memproses berbagai permukaan putar (silinder dalam dan luar, permukaan kerucut, permukaan putar berbentuk, dll.) Dan permukaan ujung badan putar. Beberapa mesin bubut juga dapat memproses permukaan berulir.


Perkakas yang digunakan pada mesin bubut sebagian besar adalah perkakas bubut. Mereka juga dapat digunakan untuk mengolah lubang seperti bor, bor reaming, pisau pangsit, serta alat berulir seperti keran dan gigi pelat.


Horisontal mesin bubut logam memiliki berbagai macam teknologi. Ini dapat memproses berbagai jenis permukaan, seperti silinder dalam dan luar, kerucut, alur cincin, membentuk permukaan berputar, bidang akhir dan berbagai benang. Itu juga dapat mengebor, memperbesar, membandingkan lubang dan knurl. Permukaan khas yang dapat diproses mesin bubut horizontal ditunjukkan pada gambar.


Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan
Gambar 2. Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan

Sumber: tsinfa.com


Gerakan utama file mesin bubut adalah gerakan rotasi spindel, dan gerakan umpan adalah gerakan linier pahat. Umpan biasanya dinyatakan dengan gerakan pahat per spindel, dalam M/R. Saat memutar ulir, hanya ada satu gerakan utama majemuk, yaitu gerakan ulir, yang dapat terurai menjadi gerakan rotasi spindel dan gerakan pahat.


Jika Anda ingin pemrosesan benang yang lebih cepat, atau Anda memiliki sejumlah besar benda kerja yang perlu diproduksi secara massal, Mesin bubut ulir pipa CNC adalah pilihan yang bagus. Selain itu, ada beberapa gerakan bantu yang diperlukan pada mesin bubut. Misalnya, untuk mengolah wool ke ukuran yang diinginkan, mesin bubut juga harus memiliki gerakan pemotongan (gerakan memotong biasanya tegak lurus dengan arah gerakan umpan, dan pekerja memindahkan dudukan pahat dengan tangan pada mesin bubut horizontal) . Beberapa mesin bubut juga memiliki gerakan longitudinal dan lateral yang cepat dari dudukan pahat.


Parameter utama mesin bubut horizontal adalah diameter putar maksimum benda kerja di atas bed, dan yang kedua adalah panjang maksimum benda kerja. Kedua parameter ini menunjukkan ukuran batas maksimum benda kerja yang dikerjakan oleh mesin bubut, dan juga mencerminkan ukuran alat mesin, karena parameter utama menentukan tinggi sumbu spindel dari rel pemandu bodi bubut, dan Parameter utama kedua menentukan panjang tempat tidur bubut.


KOMPOSISI MESIN BUBUT

Mesin bubut horizontal terutama memproses berbagai jenis poros, selongsong, dan bagian cakram. Bentuknya ditunjukkan pada gambar, dan kelompok utamanya terdiri dari tiga bagian.

Komponen termasuk kotak spindel, dudukan alat, tailstock, kotak umpan, kotak geser dan tempat tidur, dll.

Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan
Gambar 3. Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan

Bentuk mesin bubut horizontal

1 headstock

2 tempat pisau

3 tailstock

4 tempat tidur

5 kaki tempat tidur kanan

6 bilah lampu

7 sekrup

8 kotak geser

9 kaki kiri

10 kotak makan

11 mekanisme roda gantung


Sumber: tsinfa.com


1. Kotak spindel Headstock dipasang di ujung kiri ranjang, dan poros utama serta mekanisme transmisi kecepatan variabel dipasang di dalam, dan benda kerja dijepit ke ujung depan spindel melalui chuck. Fungsi headstock adalah untuk menopang poros utama dan menyalurkan daya ke poros utama melalui mekanisme transmisi kecepatan variabel, sehingga poros utama menggerakkan benda kerja untuk berputar pada kecepatan yang ditentukan guna mewujudkan gerakan utama.


2. Tempat alat Dudukan alat dipasang pada rel dudukan pahat pada alas dan dapat dipindahkan secara longitudinal di sepanjang rel pemandu. Komponen pemegang alat terdiri dari beberapa lapisan pemegang alat. Fungsinya untuk menjepit alat pemutar untuk gerakan umpan longitudinal, lateral atau oblique.


3. Tailstock Tailstock dipasang pada rel dudukan alat dari ranjang dan dapat disetel secara longitudinal di sepanjang rel. Fungsinya untuk menopang benda kerja yang panjang dengan ujung atas, atau untuk memasang alat pemesinan lubang seperti mata bor atau pisau pangsit untuk pemesinan lubang.


4. Tempat tidur Ranjang dipasang pada kaki kaki kiri dan kanan dan berfungsi untuk menopang komponen utama dan menjaga posisi relatif atau lintasan yang akurat selama pengoperasian.


5. Kotak geser Kotak geser dipasang di bagian bawah dudukan pahat untuk memindahkan dudukan pahat bersama-sama ke arah longitudinal. Perannya adalah melewati kotak umpan melalui bilah lampu.

Gerakan dari (atau sekrup utama) ditransmisikan ke dudukan pahat, memungkinkan dudukan pahat mencapai umpan longitudinal, umpan lateral, gerakan cepat atau ulir. Joystick dilengkapi dengan berbagai joystick atau tombol.


6. Kotak pakan Kotak umpan dipasang ke sisi kiri depan tempat tidur, dan memiliki mekanisme perubahan mekanisme umpan untuk mengubah umpan umpan motor atau ujung benang mesin.


Bahan untuk Mesin Bubut


Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan
Gambar 4. Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan

1. Aluminium Alloy ( Aluminium paduan)

Ada banyak jenis logam Paduan untuk dipilih,tetapi Aluminium lebih sering dipilih karena ringan (sekitar 2700 kg/m3 kepadatan), itu relatif lembut dan gampang diproses dengan baik. Dari sudut pandang tekhnik mesin, aluminium murni (JIS A1000) seperti pada gambar di samping sangat berbeda dari paduan Al-Cu (JIS A2000).




2. Baja Stainless


Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan
Gambar 5. Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan

Stain-less-steel (baja tidak bernoda), menurut Japan Industrial Standard speknya adalah JIS SUS304 (seperti pada gambar disamping). Istilah umum di Indonesia adalah Stainless steel 3% dan 8%. Persentase yang dimaksud adalah kadar nikelnya.

Manfaat dari stainless steel adalah bahwa ia memiliki kekuatan tinggi, tahan panas cukup tinggi, dan dan tahan karat. Karena resistensi yang tinggi terhadap panas itu membuatnya menjadi bahan yang ideal untuk bagian mekanis yang mengalami pemanasan.


3. Baja Karbon


Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan
Gambar 6. Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan

Spesifikasi bahan karbon menurut standard industri Jepang adalah JIS S45C (seperti pada gambar di samping) dan JIS SS400. Mereka relatif murah, mudah di las, dan mereka dapat mengalami berbagai perlakuan panas. Karena peralatan mesin banyak yang dirancang untuk memotong bahan baja ringan, sangat jarang untuk menghadapi masalah saat dikerjakan di mesin bubut.




4. Kuningan


Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan
Gambar 7. Apa Itu Mesin Bubut Logam? Definisi, Komposisi, dan Bahan

Kuningan adalah paduan yang terbuat dari kombinasi tembaga dan seng sebagai bahan utama. Dalam dibandingkan dengan baja karbon atau stainless steel, kemampuan mesin dari kuningan baik, dan juga memiliki sifat solder yang baik.

Kuningan sangat berat karena kepadatan yang tinggi sehingga sangat ideal untuk bagian berat, seperti roda gila atau berat keseimbangan untuk model mesin.


Jika Anda mencari persediaan bahan-bahan untuk Mesin Bubut tersebut Imajin menyediakan bahan-bahan tersebut. Cek persedian bahannya di https://imajin.id/

Imajin merupakan marketplace bagi para produsen di Indonesia, mulai dari pembuatan mould, dies, parts hingga persewaan mesin CNC. Bergabunglah dengan Imajin dalam mendukung Digitalisasi Industri 4.0 dan temukan pelanggan sekarang!


Kunjungi website kami:





23 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page