top of page

Kilas Balik Industri Manufaktur Indonesia Tahun 2023


Kilas Balik Industri Manufaktur Indonesia Tahun 2023
Kilas Balik Industri Manufaktur Indonesia Tahun 2023


Inovasi dan Pertumbuhan Industri Manufaktur Indonesia di Tahun 2023



Sepanjang tahun 2023, industri manufaktur Indonesia mengalami beberapa peristiwa penting yang dapat membentuk masa depan industri tersebut. Inovasi tekonologi yang dilakukan oleh pelaku bisnis yang didukung oleh pemerintah membuat industri manufaktur di tahun 2023 menjadi salah satu penopang ekonomi Indonesia.


Mari kita lakukan kilas balik ke beberapa peristiwa penting tersebut!


PMI dan IKI Ekspansif Sepanjang Tahun

Sepanjang tahun 2023, Purchasing Managers’ Index (PMI) industri manufaktur Indonesia berada di level ekspansif.


Pada Agustus 2023, Indonesia mencatat rekor PMI industri manufaktur tertinggi di angka 53,9 sejak 2 tahun terakhir.

Hasil survei Indeks Kepercayaan Industri (IKI) juga ada di angka yang tinggi sejak awal tahun yang mencapai 51,4 dan mengalami peningkatan dari Desember 2022 dengan angka 50,9. Point ini membuktikan tingginya tingkat keyakinan atau optimisme pelaku usaha sektor manufaktur terhadap kondisi perekonomian.


Pertumbuhan Ekonomi
Sumber: Freepik

Kebijakan Kementerian Perindustrian

Kementerian Perindustrian memberikan beberapa upaya untuk menghadapi halangan-halangan yang dihadapi oleh pelaku industri manufaktur. Awal tahun 2023 dari Januari hingga Juli, impor bahan baku mencapai 73,25% dari total impor nasional. Hal tersebut mendorong Kemenperin untuk menerapkan regulasi untuk mengendalikan impor bahan baku dan meningkatkan ekspor.


Isu lain yang dihadapi sektor manufaktur di tahun 2023 adalah seputar kemampuan dan kualitas sumber daya manusia (SDM). Seiring dengan inovasi teknologi, Indonesia membutuhkan SDM yang dapat beradaptasi dengan kecanggihan dan perkembangan industri. Kemenperin telah melakukan upaya seperti memfasilitasi gedung pendidikan, serta menyediakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM di sektor manufaktur.


Pelatihan SDM
Sumber: Freepik

Pertumbuhan Ekonomi

Sektor manufaktur berkontribusi sebesar 16,77% dan 16,30% di Q2-2023 terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga menjadi industri dengan kontribusi terbesar dibanding sektor lain. Hal ini dapat terjadi juga karena dorongan pemerintah untuk mempercepat transformasi digital di sektor manufaktur.


Sektor manufaktur juga menjadi industri dengan kontribusi terbesar terhadap nilai tambah Produk Domestik Bruto (PDB), yaitu sebesar 19%.

Sektor ini juga menjadi sektor ketiga dengan kontribusi paling besar dalam penyerapan tenaga kerja. Secara keselurahan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Q3-2023 tumbuh 4,94% (year-on-year) dan terlihat menurun dari Q3-2022 yaitu diangka 5,72%. Walaupun secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi Indonesia berjalan lambat, sektor manufaktur berhasil menjadi salah satu yang menopang berumbuhan ekonomi negara.


Pertumbuhan Produk Domestik Bruto 2021-2023
Sumber: Badan Pusat Statistik (BPS)

Inovasi Teknologi

Industri manufaktur Indonesia mulai mengimplementasikan teknologi canggih di industri 4.0 yang salah satunya adalah robotika. Di acara Manufacturing Indonesia 2023, telah terlihat beberapa perusahaan menampilkan robot-robot mereka yang digunakan untuk proses produksi.


Walaupun robotika belum menjadi teknologi yang populer untuk digunakan dalam proses manufaktur, tren penggunaan collaborative robot dapat mengalami peningkatan dalam penggunaan di sektor manufaktur karena kemampuan teknologi tersebut untuk menaikan efisiensi produksi, mengurangi biaya produksi, dan meningkatkan kualitas produk. Dengan adanya perkembangan teknologi robotika ini, diharapkan industri manufaktur Indonesia dapat semakin berkembang dan bersaing di tingkat global.


Robot Manufaktur
Sumber: Freepik


Setelah melakukan kilas balik ke peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di sektor manufaktur Indonesia di tahun 2023, terlihat banyak perkembangan yang terjadi dalam industri ini. Imajin Manufacturing HUB bangga telah menjadi bagian dari transformasi sektor manufaktur Indonesia. Dengan banyak dukungan dari pemerintah, kami optimis dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pertumbuhan industri manufaktur Indonesia di masa depan.


Imajin: Solusi Manufaktur yang Terintegrasi dan Terpercaya

Kunjungi website kami:











Referensi:
39 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page