top of page

Mengenal Mesin CNC 5-Axis: Tutorial dan Keunggulan


mesin 5-axis

Seiring dengan revolusi industri manufaktur, teknologi terus berkembang untuk memenuhi ekspektasi peningkatan efisiensi, presisi, dan kompleksitas dalam pembuatan produk. Maka dari itu, mesin CNC pun juga mengalami peningkatan kualitas dengan dibuatnya mesin CNC 5-Axis.


Mesin 5-Axis ini merupakan inovasi dalam industri manufaktur yang memungkinkan pemrosesan produk dengan lebih akurat dan kompleks, serta mengurangi waktu dan biaya produksi secara signifikan. Dengan kemampuan untuk melakukan operasi pada lima sumbu sekaligus, mesin CNC 5-Axis menjadi pilihan utama bagi perusahaan yang mengutamakan kualitas dan efisiensi dalam proses produksi.


CNC 5-Axis
Sumber: adobe

Peningkatan kinerja mesin 3-Axis ke 5-Axis cukup krusial dalam mengembangkan produktivitas proses produksi. Namun, apa saja perbedaan yang antara dua mesin tersebut?


Jumlah Sumbu & Pergerakan Sumbu

Pada mesin 3-Axis hanya ada 3 sumbu yaitu X,Y,Z sedangkan proses pemesinan di mesin 5-Axis terjadi pada sumbu X, Y, Z, A/B & C. Oleh karena itu, pergerakan pada mesin 5-Axis lebih kompleks dan fleksibel karena dapat bergerak dalam lima sumbu yang berbeda, sehingga memungkinkan untuk pemrosesan yang lebih rumit dan akurat. Mesin 5-Axis juga dapat menghasilkan produk dengan detail dan presisi dibandingkan dengan mesin 3-Axis.



cnc 3-axis vs cnc 4-axis
CNC 3-Axis vs CNC 5-Axis (sumber: dragonmental.com)

Kemampuan untuk Proses Kompleks

Dengan menggunakan mesin 3-Axis dalam menjalankan operasi yang kompleks, komponen harus diposisikan ulang untuk menjangkau bagian yang sulit diproses dan ada area yang undercut. mendapatkan hasil yang maksimal. Saat memposisikan ulang, ada risiko terjadi kesalahan.


Sedangkan, pergerakan sumbu yang lebih leluasa pada mesin 5-Axis dapat memastikan bahwa komponen dalam posisi optimal. Mesin 5-Axis menggunakan sumbu X, Y, dan Z yang biasa digunakan bersama dengan sumbu A dan B sehingga alat Anda dapat mencapai lima sisi dari sebuah bagian, tanpa perlu memutar atau menyiapkan alat bantu tambahan.


Program yang Digunakan

Mesin 3-Axis tidak membutuhkan pemrogaman yang kompleks karena jumlah sumbu yang sedikit. Sedangkan operasi menggunakan mesin 5-Axis umumnya lebih kompleks sehingga harus menggunakan sistem CAD/CAM untuk memudahkan pemrograman. Computer Aided Design (CAD) digunakan untuk proses desain kompleks, dan Computer Aided Manufacturing (CAM) berfungsi untuk merencanakan, mengelola, dan mengendalikan operasi pabrik.  membuat program beruba G-Code yang berfungsi untuk mengendalikan mesin CNC 5-Axis tersebut.


CAD/Cam program
Sumber: 3D natives


Sebelum mengoperasikan mesin CNC 5-Axis ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses terjadi secara optimal.


Berikut 5 hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengoperasikan mesin CNC 5-Axis!


  1. Pastikan mesin dalam kondisi bersih dan bebas dari gangguan chips, kotoran, atau serbuk logam kecil yang menempel di meja mesin.

  2. Persiapkan tools yang akan digunakan.

  3. Bukalah kran angin untuk menyuplai otomasi pneumatic.

  4. Pompalah central lubricant untuk melumasi axis pada mesin secara berkala.

  5. Operasikan mesin dengan aman, biasakan menggunakan mode single block diawal eksekusi program.


mesin cnc
Sumber: get it made

Jika Anda sudah memastikan bahwa mesin siap dioperasikan, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah ini dalam menggunakan mesin CNC 5-Axis!


  1. Desain: Pastikan desain 3D sudah siap untuk menghasilkan produk yang diinginkan.

  2. Input: Proses input desain dapat bervariasi tergantung dengan mesin CNC yang digunakan. Pada mesin CNC yang memiliki komputer, desain dapat langsung diinput ke mesin. Sedangkan, kode harus diinput secara manual di Human Machine Interface (HMI) untuk model mesin yang tidak dilengkapi komputer.

  3. Konversi: Ditahap ini, prosesor menjalani konversi input desain menjadi gerakan pada mesin.

  4. Operasi: Setelah selesai diprogram, mesin siap dijalankan untuk memproses bahan menjadi bentuk yang sesuai dengan desain yang telah diinput.


Setelah mendalami fitur-fitur dan cara kerja mesin 5-Axis, terlihat bahwa mesin ini memiliki beberapa keunggulan.


Pelajari 4 Keunggulan Mesin 5-Axis!


1. Menghemat waktu

Dengan menggunakan 5-Axis, akan terjadi peningkatan produktivitas. Hal ini dikarenakan set-up hanya dilakukan sekali sehingga tidak ada keperluan untuk memindahkan atau memposisikan ulang benda kerja yang diproses secara manual. Selain itu, Anda juga menghemat waktu karena adanya alat potong atau tools yang lebih pendek sehingga mesin dapat melakukan dengan kecepatan lebih tinggi dibanding dengan alat potong di mesin 3-Axis.


2. Dapat menangani desain kompleks

Bentuk dan desain yang rumit dapat ditangani dengan menggunakan mesin 5-Axis karena kemampuan mesin untuk memutar benda kerja dengan 2 axis tambahan diluar 3 axis yang sudah ada dalam lima sumbu yang berbeda secara bersamaan. Hal ini memungkinkan pembuatan produk dengan detail yang lebih presisi dan kompleks seperti roda gigi, peralatan medis, bagian dari sistem hidraulik, dan lainnya.


cnc
Sumber: Modern Machine Shop


3. Akurasi lebih tinggi

Walaupun mesin 5-Axis dapat menangani desain lebih kompleks, hal itu tidak akan mengurangi tingkat akurasi hasil produksi dari mesin. Akurasi yang tinggi dikarenakan beberapa hal yaitu alat potong lebih pendek, serta pekerjaan manual yang berkurang sehingga kesalahan yang terjadi akan menurun.


4. Fleksibilitas tinggi

Mesin 5-Axis memiliki fleksibiltias tinggi karena kemapuannya untuk membantu proses produksi berbagai macam bentuk. Selain itu, mesin tersebut fleksibel untuk digunakan produksi volume rendah hingga tinggi.


cnc
Sumber: Top Level

Mesin CNC 5-Axis menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam proses produksi. Dengan kemampuannya beroperasi pada lima sumbu, mesin ini dapat menghasilkan produk dengan detail yang presisi dalam waktu yang lebih singkat, mengurangi biaya produksi secara signifikan.


Imajin menyediakan jasa permesinan CNC 5-Axis untuk meningkatkan pengalaman manufaktur Anda. Imajin berkomitmen untuk menghasilkan produk berkualitas yang memenuhi standar dan kebutuhan manufaktur Anda.


Imajin

Kunjungi website kami:









Referensi:




12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page